Masalah Umum Yang Sering Terjadi Pada Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

By | June 24, 2016

masalah wajahKita yang tinggal di indonesia yang memiliki iklim tropis, resiko mengalami masalah kulit wajah akan lebih tinggi. Masalah kulit wajah seperti timbulnya jerawat, kulit kusam, flek hitam, dan kulit kering dll. Masalah tersebut memang paling sering melanda kita yang tinggal dikawasan beriklim tropis. Setiap orang pastinya memiliki jenis kulit yang sangat beragam, berbeda-beda satu dengan lainnya. Dari adanya perbedaan kulit ini akhirnya menyebabkan terjadinya perbedaan masalah kulit yang biasanya dialami sebagian besar orang. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan misalnya, dengan kesibukan sehari-hari di kantor dapat lebih memilih melakukan serangkaian perawatan di skin care dalam mengatasi permasalahan kulit. Namun, saat ini tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk melakukan perawatan mandiri di rumah menggunakan berbagai bahan alami.
Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kulit wajah bermasalah dan hingga saat ini belum berhasil menemukan cara yang efektif mengatasinya. Maka Anda sedang berada di tempat yang tepat. Pasalnya yang ada di bawah ini merupakan artikel mengenai sedikit pengetahuan seputar permasalahan kulit secara umum dan sejumlah tips sederhana yang efektif untuk mengatasinya.

Faktor yang mempengaruhi kulit kusam adalah sebagai berikut.
Kulit mati yang menumpuk. Kulit mati pada wajah lalma-lama bisa menumpuk dan menjadikan kulit tampak kusam tidak bercahaya. Pigmentasi kulit. Wajah tampak kusam dan terlihat tidak sehat terjadi karena pigmentasi/munculnya noda hitam pada wajah. Debu/Kotoran.  Sel-sel kulit mati tidak akan terangkat bila hanya dengan mencuci muka saja. Debu dan kotoran terbang melalui udara dan menempel pada wajah kita dan mengakibatkan kulit tampak kusam.

Flek hitam adalah salah satu masalah wajah bagi kita yang sudah menginjak usia dewasa. Faktor Yang mempengaruhi Flek hitam
Polusi udara. Radikal bebas yang terdapat pada udara sangat mempengaruhi timbulnya flek hitam pada wajah. Ini disebabkan karena prose kulit dalam penyesuaian terhadap radikal bebas, kulit akan mengeluarkan melanin sebagai perlawanan terhadap kulit rusak yang disebabkan oleh zat yang berbahaya yang terdapat pada polusi udara. Kibatnya flek hitam akan muncul dan terlihat jelas pada wajah.
Pengaruh Obat-obatan. hiperpigmentasi muncul bisa juga disebabkan oleh obat-obatan. Dengan rutinnya mengkonsumsi mesantion, minosiklin sitostatik , dll akan memicu terjadinya hiperpigmentasi
Pengaruh genetic. hiperpigmentasi juga bisa terjadi karena pengaruh keturunan dengan prosentase 20%-75%
Paparan Sinar UltraViolet (UV). Pengaruh sinar ini akan buruk untuk kulit kita. Seperti kebanyakan  fakta yang telah mengungkapkan bahwa UVA dan UVB berdampak buruk untuk kulit. Selain kulit menjadi kusam, hiperpigmentasi/bintaik hitam juga akan muncul.

Tidak hanya jerawat, kulit wajah yang kusam akan membuat wajah Anda terlihat lebih gelap. Penyebabnya sendiri sangat tidak kalah beragam. Namun yang paling sering adalah karena kebersihan dan kesegaran kulit wajah tidak terjaga dengan baik.
Seperti yang banyak diinformasikan oleh ahli kecantikan bahwa menjaga kebersihan kulit wajah dengan rajin mencucinya usai melakukan aktivitas (terutama di luar ruangan) sangat berguna membantu menangkan radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam masalah kulit, seperti salah satunya kulit kusam. Sebenarnya dalam menjaga kebersihan kulit wajah Anda dapat melakukan tindakan perawatan ringan sehingga tanpa perlu repot dan membuang banyak uang Anda tetap mendapatkan wajah yang selalu cantik bersinar.

Adapun salah satu strategi perawatan sederhana yang efektif menangkal masalah kulit kusam dan gelap adalah dengan memanfaatkan air hangat sebagai bahan terapi. Selain lebih hemat, terapi perawatan kulit wajah dengan air hangat juga dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Bukan hanya baik dalam membantu melancarkan aliran darah, namun air hangat yang Anda basuhkan ke permukaan wajah juga dinilai sangat baik membantu kulit wajah lebih lembap. Bahkan air hangat juga membantu merevitalisasi kulit sekaligus memberikan pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh kulit. Selain itu, uap dari air hangat akan sangat berguna mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel pada pori-pori kulit wajah setelah Anda cuci. Uap air hangat bekerja membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotoran, bakteri dan komedo yang sempat bersarang di dalamnya.
Namun jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin setelah selesai melakukan terapi uap maupun air hangat agar pori-pori wajah kembali tertutup.
Demikian beberapa tips yang bisa kami sampaiakan. Semoga anda akan lebih bijak untuk memilih cream pemutih yang aman dan sehat bagi kulit anda. Semoga bermanfaat.